Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMAN 1 Marga Tiga

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah.

Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran sebagai capaian pembelajaran. Salah satu bentuk penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah penilaian akhir semester yang dilaksanakan pada semester genap yang menurut panduan penilaian pendidik dan satauan pendidikan SMA disebut dengan penilaian akhir tahun (PAT).

Pada kondisi normal teknik penilaian yang dilakukan pada saat PAT berupa tes tertulis dan tes praktik atau tes kinerja sesuai dengan karakteristik mata pelajaran secara tatap muka atau langsung. Di masa pandemi COVID-19 hal tersebut tidak dimungkinkan untuk dilakukan, maka berdasarkan Surat Edaran Sekda Propinsi Lampung Nomor 240/1614/V.01/2020 tanggal 20 Mei 2020 perihal Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Penilaian Akhir Semester Pada Satuan Pendidikan di Propinsi Lampung yang menyebutkan bahwa tanggal 2 s.d. 13 luni 2020 Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu tidak dilaksanakan dalam bentuk tes yang mengumpulkan peserta didik, penilaian dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan tes daring, dan atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya, maka SMAN 1 Marga Tiga melakukan PAT dengan model penugasan tes daring.

Contoh tangkapan layar portal soal PAT

Penilaian Akhir Tahun di SMAN 1 Marga Tiga dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 10 Juni 2020. Proses kegiatan Panilaian Akhir Tahun (PAT) dilksanakan sebagai berikut:

  1. Peserta didik berpartisipasi aktif mengirimkan pesan ke WA Center 089514419521, secara otomatis WA Center akan merespon dan memberikan petunjuk pelaksanaan beserta link web untuk mengunduh soal dan megunggah jawaban sesuai dengan jadwal yang ada di web.
  2. Panitia dan wali kelas berpartisipasi aktif menyampaikan informasi ke group WA beserta link link web untuk mengunduh soal dan megunggah jawaban sesuai dengan jadwal yang ada di web.
  3. Peserta didik yang masih mengalami kesulitan diberikan kesempatan datang ke sekolah dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan di masa pandemi covid 19 untuk memperoleh informasi dan solusi terkait masalah bagaimana cara melaksanakan PAT.
  4. Pelaksanaan PAT dilaksanakan secara fleksibel agar semua peserta didik dapat menyelesaikan tugasnya.
  5. Panitia mengirimkan rekap pelaksanaan dan lembar jawaban/tugas peserta didik ke Guru Mata Pelajaran, selanjutnya guru mata pelajaran dapat memberikan penilaiannya.

Kegiatan Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2019/2020 bagi kelas X dan XI di SMAN 1 Marga Tiga secara umum dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku di masa Pandemi Covid 19. Harapan-nya semoga Pandemi Covid 19 dapat segera berakhir sehingga kita dapat beraktifitas seperti sedia kala.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama